A-D

No Istilah Keterangan
1 AAP (American Academic of Pediatrics) Akademi Pediatrik Amerika
2 ACE (Angiotensin-Converting Enzyme) Enzim pengubah angiotensin
3 Agitasi Tingkah laku yang mengindikaskan kurangnya istirahat yang merupakan efek samping dari obat antipsikosis.
4 AIS (Acute Ischemic Stroke) Stroke Iskemik Akut
5 ALL (Acute Lymphocytic Leukemia ) Leukemia Limfositis Akut yaitu leukemia yang sering menyerang anak-anak.Leukemia tipe ini juga menyerang orang lanjut usia, terutama yang berusia lebih dari 65 tahun.
6 Alopecia (Alopesia) Hilangnya rambut secara bertahap, diyakini sebagai akibat dari gabungan predeposisi genetik dan peningkatan respon folikel rambur terhadap hormon androgen.
7 ALT (Serum Alanine Aminotransferase) Serum Alanin Aminotransferase atau sering disebut Serum Glutamat Piruvat Transaminase (SGPT)
8 ANA (Anti-Nuclear Antibody) Antibodi yang tidak umum, terdeteksi di dalam darah yang mempunyai kemampuan untuk berikatan dengan struktur tertentu dalam inti selnya. ANA menjadi indikasi penyakit lupus erythemathosus, sindrom Sjrogen, artitis rematik, autoimun hepatitis, skleroderma dan polymyositis&dermatomyositis.
9 Analgesik obat untuk menghilangkan nyeri, berhubungan dengan analgesia, bahan yang dapat mengurangi nyeri tanpa menyebabkan hilangnya kesadaran.
10 Anemia Hemolitik Anemia yang disebabkan oleh hemolisis yaitu terjadinya pemecahan sel darah merah abnormal, baik pada pembuluh darah ( hemolisis intra vaskular) atau bagian lain dari tubuh (hemolisis ekstravaskular). Anemia ini bisa bersifat genetik ataupun dapatan. Penanganannya berdasarkan penyebab dan awal terjadinya penguraian sel darah merah.
11 Angiodema Reaksi vaskular yang melibatkan dermis bagian dalam atau jaringan subkutan dan submukosa, menyatakan edema lokal yang disebabkan oleh dilatasi dan peningkatan permeabilitas pembuluh kapiler.
12 Anoreksia Hilangnya selera makan.
13 Anti Infeksi obat untuk mengobati infeksi
14 Antialergi dan Obat Untuk Anafilaksis obat untuk mengobati alergi dan mencegah reaksi anafilaksis (suatu keadaan dimana seseorang sangat sensitif terhadap suatu zat asing)
15 Antianemia, Koagulasi obat untuk mengobati anemia/ kurang Hb
16 Antiasma obat yang dapat menghilangkan asma
17 Antidot dan Obat Lain Untuk Keracunan obat untuk menurunkan atau menghilangkan efek racun
18 Antiepilepsi – Antikonvulsi obat untuk mencegah atau menurunkan keparahan serangan epilepsi atau konvulsi lain
19 Antiinflamasi non steroid obat untuk menekan inflamasi atau peradangan
20 Antimigrain obat untuk menghilangkan migrain atau sakit kepala parah, biasanya  pada sebelah bagian kepala saja yang diikuti oleh gejala lainnya seperti mual, muntah, konstipasi atau diare, rasa tidak enak pada mata.
21 Antineoplastik, imunosupresan dan obat untuk terapi paliatik obat untuk menghambat atau mencegah perkembangan neoplasma; memeriksa pematangan dan pembelahan sel-sel ganas.
22 Antiparkinson obat untuk mengobati parkinson. Parkinson adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh perubahan degeneratif pada otak. Penyakit ini ditandai dengan
23 Antipirai obat untuk mengobati pirai (artritis gout) atau sering disebut asam urat.
24 Antipiretik obat untuk menghilangkan atau menurunkan demam,
25 Antiseptik obat yang dapat mencegah perkembangan organisme tanpa mematikan organisme
26 Antitusif obat yang dapat menekan batuk
27 AST (Serum Aspartate Aminotransferase) Serum Aspartat Aminotransferase atau sering disebut Serum Glutamat Oksaloasetat Transaminase (SGOT)
28 Ataksia Kegagalan koordinasi otot; ketidakteraturan kerja otot.
29 Athralgia Nyeri pada sendi, yang merupakan gejala adanya kerusakan, infeksi atau penyakit seperti artritis atau reaksi alergi terhadap obat.
30 AUC (Area Under Curve) Area di bawah kurva yang menggambarkan konsentrasi darah dalam plasma terhadap waktu.Area ini selanjutnya menggambarkan jumlah total obat yang diserap oleh tubuh, terlepas dari kecepatan absorpsi.
31 Azotemia Kondisi medis yang ditandai dengan abnormalitas level senyawa yang mengandung nitrogen seperti urea, kreatinin, senyawa hasil metabolisme tubuh dan senyawa kaya nitrogen pada darah.Hal ini mungkin disebabkan oleh filtrasi darah pada ginjal yang kurang mencukupi
32 Bifasik Sistem yang mempunyai 2 fase
33 Black cohosh Nama lain untuk Cimcifuga racemosa, yaitu tanaman yang tumbuh di Amerika Utara. Tanaman ini digunakan untuk mengatasi masalah tensi premenstrual, menopouse dan masalah ginekologi lain.
34 BUN (Blood Urea Nitrogen) Nitrogen Urea Darah yaitu konsentrasi urea pada plasma atau darah yang merupakan indikator penting fungsi ginjal. Pada fungsi ginjal normal, kadar urea nitrogen adalah 3,6 -7,1 mmol/L atau 10-20 mg/dL
35 CAD (Coronary Artery Disease) Penyakit Koroner Akut
36 Cairan Asites Akumulasi cairan pada rongga perut (peritonium). Meski penyebab umumnya adalah sirosis atau sakit liver yang lainnya, akumulasi ini mungkin disebabkan oleh keadaan medik lainnya.
37 CAPD(Continuous ambulatory peritonial dialysis) Dialisis peritonial kontinyu
38 Carcinoma atau Karsinoma Pertumbuhan sel yang ganas yang terdiri dari sel-sel epitel yang cenderung untuk menginfiltrasi jaringan sekitarnya dan menimbulkan metastatis.
39 Cat’s Claw Nama lain untuk Uncaria tomentosa,yaitu spesies yang tumbuh di hutan hujan Amazon.Tanaman ini mengandung alkaloid dan mempunyai efek medik seperti tanin dan fitokimia lainnya.Beberapa senyawa dari tanaman ini mempunyai efek sebagai anti inflamasi, anti oksidan dan anti kanker.
40 CBC (Complete Blood Count) Jumlah sel darah putih dan darah merah per unit volume darah
41 CD4 Reseptor yang ada di permukaan sel tertentu, misalnya limfosit.
42 CHF(Congestive Heart Failure) Gagal jantung koroner : suatu keadaan dimana jantung tidak mampu untuk memompa darah dalam jumlah mencukupi untuk metabolisme tubuh.
43 CI (Cardiac Index) Parameter vasodinamik yang menghubungkan output kardiak dengan luas permukaan tubuh.
44 COPD ( chronic obstructive pulmonary disease) Penyakit paru-paru obstruktif kronik
45 COX (Cyclooxygenase) Enzim Siklooksigenase. Enzim ini berperan untuk mengubah asam arakidonat menjadi prostaglandin pada proses inflamasi.
46 CSF (Cerebrospinal Fluid) Cairan jernih yang ada pada ruang subaraknoid dan sistem ventrikular di sekitar dan di dalam otak.
47 CVP (Central Venous Pressure) Tekanan darah pada vena kava toraks, dekat dengan atrium kanan jantung.
48 Cyanosis Perubahan warna kulit menjadi agak kebiru-biruan, yang disebabkan konsentrasi hemoglobin tereduksi yang berlebihan pada pembuluh darah di permukaan kulit,
49 Cytochrome (Sitokrom) Merupakan senyawa yang mengandung hem yang terikat pada protein, berperan pada pernapasan sel, dibedakan menurut gugus prostetiknya misalnya a,b,c,d dan P450.Contoh : CYP2A6, CYP 2B6, CYP289, CYP2D6, CYP2E1, CYP3A4
50 D5W Larutan dekstrosa 5% dalam air
51 Depersonalisasi Perubahan persepsi diri sendiri sehingga sensasi terhadap suatu kenyataan menjadi hilang atau berubah untuk sementara; merupakan manifestasi neurosis atau penyakit jiwa yang lain atau juga dapat dalam bentuk ringan pada orang yang normal.
52 Desinfektan  Antiseptik obat yang dapat mencegah infeksi dan mencegah perkembangan organisme tanpa mematikan organisme
53 Diaforesis Keringat berlebihan yang tidak wajar, mungkin disebabkan oleh syok atau kondisi medik lain.
54 Dispepsia Berkurangnya daya atau fungsi pencernaan, biasanya ditunjukkan dengan perasaan tidak nyaman pada epigastrum setelah makan.
55 Diuretik obat untuk meningkatkan ekskresi urin atau jumlah urin
56 DNA (Deoxyribonucleic acid) Asam deoksiribonukleat yaitu asam nukleat yang mengandung informasi genetik yang berguna untuk perkembangan semua makhluk hidup.
57 Dong quai Nama lain untuk Angelica sinensis atau ginseng betina yaitu tanaman dari Cina yang digunakan untuk mengobati gangguan ginekologi, anemia ringan dan hipertensi.
58 DOTS (Directly Observed Treatment Shortcourse ) Strategi yang digunakan dalam pengendalian atau penanggulangan penyakit TB melalui peningkatan diagnosis TB dengan pemeriksaan dahak secara mikroskopis, pengobatan dengan Pengawasan Menelan Obat (PMO), kesinambungan persediaan obat anti TB jangka pendek dengan mutu terjamin serta pencatatan dan pelaporan secara baku untuk memudahkan pemantauan dan evaluasi program penanggulangan TB.
59 Dyspnea Pernapasan yang sukar atau sesak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s