Penyakit

diambil dari http://www.kalbe.co.id/medical/detail-of-disease/#

Untuk membaca uraian lebih detail, silahkan klik nama penyakit yang dimaksud (yang bergaris bawah dan warna merah)

Disease Name: ASPIRASI MEKONIUM
Definisi: Sindroma aspirasi mekonium (SAM) adalah kumpulan gejala yang diakibatkan oleh terhisapnya mekonium ke dalam saluran pernafasan bayi.
Disease Name: CACAR AIR
Definisi: Varisela berasal dari bahasa Latin, varicella. Di Indonesia penyakit ini dikenal dengan istilah cacar air, sedangkan di luar negeri terkenal dengan nama chicken-pox. Varisela adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh virus Varicella zoster, ditandai oleh erupsi yang khas pada kulit.
Disease Name: CAMPAK
Definisi: Merupakan penyakit yang sangat menular pada masa anak-anak, tetapi juga menyerang orang dewasa. Gejala-gejala campak cukup menakutkan. Anak-anak yang kurang gizi mudah terserang komplikasi yang fatal.
Disease Name: KEJANG DEMAM
Definisi: Kejang demam, dalam istilah medis dikenal sebagai febrile konvulsi, adalah bangkitan kejang yang terjadi pada kenaikan suhu tubuh (suhu rectal > 38 oC), tanpa adanya infeksi pada susunan saraf pusat maupun kelainan saraf lainnya.
Disease Name: Sindroma Nefrotik
Definisi: Sindroma Nefrotik (SN) adalah keadaan dimana terjadi gangguan pada sistem filtrasi ginjal, yaitu terutama pada glomerulusnya. Dalam keadaan normal glomeruli ginjal berfungsi melakukan filtrasi terhadap protein yang akan dikeluarkan oleh air seni.

Insiden dan prevalensi
Dua dari 10.000 orang mengalami sindroma nefrotik. Sindom Nerfrotik sulit tentukan pada usia dewasa,1

Disease Name: BATU EMPEDU
Definisi: Batu empedu adalah timbunan kristal di dalam kandung empedu atau di dalam saluran empedu. Batu yang ditemukan di dalam kandung empedu disebut kolelitiasis, sedangkan batu di dalam saluran empedu disebut koledokolitiasis.
Definisi: Pembesaran prostat dianggap sebagai bagian dari proses bertambahnya usia, seperti halnya rambut yang memutih. Sekitar 70% dari pria dengan usia di atas 60 tahun memiliki kemungkinan untuk terkena penyakit ini. Angka ini akan meningkat hingga 90% pada pria berusia di atas 80 tahun.
Disease Name: HERNIA
Definisi: Hernia merupakan protusi/penonjolan isi rongga melalui defek atau bagian lemah dari dinding rongga yang bersangkutan.
Definisi: Infeksi saluran kemih, secara mikrobiologi, bila ditemukan mikroorganisme patogen pada urine (air seni) yang bermakna lebih dari 105 /mm (sampel urine midstream – diambil saat pertengahan kencing), atau 102 – 104 /mm sampel urine dari kateter.
Disease Name: KANKER PAYUDARA
Definisi: Kanker payudara adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam jaringan payudara. Kanker bisa mulai tumbuh di dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak maupun jaringan ikat pada payudara.
Disease Name: KONSTIPASI
Definisi: Konstipasi adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak dapat buang air besar (BAB) seperti biasanya. Walaupun tidak ada ketentuan berapa kali seseorang harus BAB, tetapi lazimnya frekuensi BAB seseorang adalah 3 x / hari – 3 x / minggu.
Disease Name: LUKA BAKAR
Definisi: Luka bakar adalah cedera pada jaringan tubuh akibat panas, bahan kimia maupun arus listrik. Biasanya bagian tubuh yang terbakar adalah kulit, tetapi luka bakar juga bisa terjadi pada jaringan di bawah kulit, bahkan organ dalam pun bisa mengalami luka bakar meskipun kulit tidak terbakar.
Disease Name: NEUROBLASTOMA
Definisi: Neuroblastoma adalah kanker pada sistem saraf yang sering ditemukan pada masa kanak-kanak. Neuroblastoma bisa tumbuh di berbagai bagian tubuh, dan berasal dari jaringan yang membentuk sistem saraf simpatis (bagian dari sistem saraf yang mengatur fungsi tubuh involunter/diluar kehendak, dengan cara meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, mengerutkan pembuluh darah dan merangsang hormon1
Disease Name: INFLUENZA
Definisi: Influenza adalah penyakit ikut yang menular, menyerang saluran napas, dan sering menjadi wabah yang diperoleh dari menghirup virusinfluenza.
Definisi: Minyak tanah (kerosene) merupakan cairan bahan bakar yang jernih, tidak berwarna, tidak larut dalam air, berbau, dan mudah terbakar. Termasuk dalam golongan petrolium terdistilasi hidrokarbon. Memiliki berat jenis 0,79. Titik didih 163oC – 204oC, titik beku 54oC.
Disease Name: DISMENORE
Definisi: Dismenore adalah nyeri perut yang berasal dari kram rahim dan terjadi selama menstruasi. Disebut dismenore primer jika tidak ditemukan penyebab yang mendasarinya dan dismenore sekunder jika penyebabnya adalah kelainan kandungan.
Disease Name: DISPAREUNIA
Definisi: Dispareunia adalah nyeri pada alat kelamin atau nyeri di dalam panggul yang terjadi selama melakukan hubungan seksual.
Disease Name: ENDOMETRIOSIS
Definisi: Endometriosis adalah suatu penyakit dimana bercak-bercak jaringan endometrium tumbuh di luar rahim, padahal dalam keadaan normal endometrium hanya ditemukan di dalam lapisan rahim.
Disease Name: KEHAMILAN EKTOPIK
Definisi: Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang terjadi di luar rongga rahim (kavum uteri). Istilah ektopik berasal dari bahasa Inggris, ectopic, dengan akar kata dari bahasa Yunani, topos yang berarti tempat. Jadi, istilah ektopik dapat diartikan sebagai “berada di luar tempat yang semestinya”.
Disease Name: MOLA HIDATIDOSA
Definisi: Mola hidatidosa adalah kehamilan yang abnormal di mana hampir seluruh villi chorialis mengalami degenerasi hidropik. Istilah awam : “hamil anggur”.
Disease Name: ACNE VULGARIS
Definisi: Merupakan peradangan kronis dari folikel pilocebaceous (salah satu kelenjar pada kulit), disertai penyumbatan dan penimbunan keratin, ditandai dengan adanya komedo, pustula, nodula, dan kista.
Disease Name: ANTRAX
Definisi: Anthrax biasanya mengenai hewan-hewan di hutan atau mengenai hewan ternak, tetapi dapat pula mengenai manusia jika terpapar terhadap binatang yang terinfeksi oleh kuman B. anthracis.
Disease Name: DERMATITIS
Definisi: Dermatitis adalah suatu peradangan menahun pada lapisan atas kulit yang menyebabkan rasa gatal. Pada umumnya Dermatitis juga disertai dengan tanda-tanda seperti terbentuknya bintik yang berisi cairan (bening atau nanah) dan bersisik.
Disease Name: GONORE
Definisi: Gonore adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum dan tenggorokan atau bagian putih mata (konjungtiva).
Disease Name: HERPES SIMPLEKS
Definisi: Infeksi herpes simpleks ditandai dengan episode berulang dari lepuhan-lepuhan kecil di kulit atau selaput lendir, yang berisi cairan dan terasa nyeri.
Disease Name: HERPES ZOOSTER
Definisi: Herpes zooster (shingles) adalah suatu infeksi yang menyebabkan erupsi kulit yang terasa sangat nyeri berupa lepuhan yang berisi cairan.
Disease Name: LUKA
Definisi: Luka adalah kerusakan pada struktur anatomi kulit yang menyebabkan terjadinya gangguan kulit. Contoh yang paling mudah jika jari tangan kita tersayat oleh pisau, maka luka yang timbul akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada kulit sehingga kulit tidak lagi dapat melindungi struktur yang ada dibawahnya.
Disease Name: MORBUS HANSEN (LEPRA)
Definisi: Lepra (penyakit hansen) adalah infeksi menahun yang terutama ditandai oleh adanya kerusakan saraf perifer (saraf diluar otak dan medulla spinalis), kulit, selaput lendir hidung, buah zakar (testis) dan mata.
Definisi: Stevens-Johnson adalah suatu variasi berat sekaligus fatal dari eritema multiform. Merupakan sindroma yang mengenai kulit, selaput lendir di orifisium (muara/lubang) dan mata, dengan keadaan umum yang bervariasi dari yang ringan sampai berat.
Disease Name: EKSOFTALMUS
Definisi: Eksoftalmus adalah penonjolan abnormal pada salah satu atau kedua bola mata.
Disease Name: HORDEOLUM
Definisi: Hordeolum adalah suatu infeksi pada satu atau beberapa kelenjar di tepi atau di bawah kelopak mata. Bisa terbentuk lebih dari 1 hordeolum pada saat yang bersamaan dan biasanya timbul dalam beberapa hari dan bisa sembuh secara spontan.
Disease Name: KATARAK
Definisi: Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan gangguan penglihatan. Kebanyakan lensa agak keruh setelah usia 60 tahun. Sebagian besar penderita mengalami perubahan yang serupa pada kedua matanya, meskipun perubahan pada salah satu mata mungkin lebih buruk dibandingkan dengan mata yang lainnya.
Disease Name: ASMA
Definisi: Istilah “asma” berasal dari bahasa Yunani, yang memiliki arti “sukar bernapas”. Istilah ini sebenarnya sudah dipergunakan sejak 2000 tahun yang lalu oleh Hipocrates. Asma dilukiskan sebagai kesukaran bernapas atau sesak yang disertai batuk dan mengi. Bentuk serangan bisa terjadi secara berbeda-beda dari waktu ke waktu. Penderita bisa mendapat serangan dari jam ke jam atau bahkan dari hari ke hari.
Disease Name: ACITES
Definisi: Asites merupakan penimbunan cairan secara abnormal di rongga perut. Pada pasien sirosis hati, terbentuknya asites merupakan komplikasi yang paling sering terjadi, dan merupakan salah satu indikasi untuk perawatan di rumah sakit karena mempunyai prognosa yang kurang baik, misalnya terjadi infeksi (spontaneous bacterial peritonitis) dsb.
Disease Name: CHIKUNGUNYA DISEASE
Definisi: Kata “chikungunya” berasal dari bahasa Swahili (Afrika) yang berarti menekuk, mencerminkan gaya tubuh/posisi penderita pada saat merasa nyeri sendi yang hebat. Demam Chikungunya adalah penyakit di daerah tropis seperti Asia dan Afrika. Penyakit itu pertama kali dikenal tahun 1952 di Afrika Timur. Meskipun ada juga yang mengatakan bahwa sekitar tahun 1779 telah ditemukan gejala seperti itu di1
Definisi: Di Indonesia, penyakit DBD pertama kali ditemukan pada tahun 1968 di Surabaya dan sekarang menyebar keseluruh propinsi di Indonesia. Timbulnya penyakit DBD ditenggarai adanya korelasi antara strain dan genetik, tetapi akhir-akhir ini ada tendensi agen penyebab DBD disetiap daerah berbeda. Hal ini kemungkinan adanya faktor geografik, selain faktor genetik dari hospesnya.
Disease Name: DIVERTIKULUM MECKEL
Definisi: Divertikulum meckel adalah suatu kelainan bawaan, yang merupakan suatu kantung (divertikula) yang menjulur/menonjol dari dinding usus halus. Divertikula bisa mengandung jaringan lambung maupun jaringan pankreas.
Definisi: Filariasis adalah penyakit menular ( Penyakit Kaki Gajah ) yang disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk. Di Indonesia penyakit Kaki Gajah tersebar luas hampir di Seluruh propinsi. Berdasarkan laporan dari hasil survei pada tahun 2000 yang lalu tercatat sebanyak 1553 desa di 647 Puskesmas tersebar di 231 Kabupaten 26 Propinsi sebagai lokasi yang endemis, dengan1
Disease Name: GAGAL GINJAL AKUT
Definisi: Gagal ginjal akut adalah kemunduran yang cepat dari kemampuan ginjal dalam membersihkan darah dari bahan-bahan racun, yang menyebabkan penimbunan limbah metabolik di dalam darah (misalnya urea).
Disease Name: GAGAL GINJAL KRONIS
Definisi: Gagal ginjal kronis adalah kemunduran perlahan dari fungsi ginjal yang menyebabkan penimbunan limbah metabolik di dalam darah (azotemia).
Disease Name: GASTROENTERITIS
Definisi: Gastroenteritis, merupakan suatu jenis penyakit pada lambung dan atau usus yang gejala utamanya diare. Disebut diare bila tinja berbentuk cair, dengan frekuensi lebih dari 4x/hari.
Disease Name: HIPERTENSI
Definisi: Hipertensi/tekanan darah tinggi adalah penyakit yang umum timbul di dalam masyarakat. Merupakan peningkatan yang persisten dari tekanan pembuluh darah arteri, yaitu tekanan diastolik diatas 95 mmHg. Tekanan darah normal biasanya tekanan sistolik tidak melebihi 140 mmHg dan diastolik tidak melebihi 90 mmHg. Namun patokan tekanan darah normal tersebut individual sifatnya.
Disease Name: HIV / AIDS
Definisi: AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome merupakan kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh oleh virus yang disebut HIV. Kerusakan progresif pada sistem kekebalan tubuh me-nyebabkan orang dengan HIV/AIDS (Odha) amat rentan dan mudah terjangkit bermacam-macam penyakit.
Disease Name: LEPTOSPIROSIS
Definisi: Leptospirosis pada manusia mempunyai beberapa nama yang berbeda seperti Weil’s Disease, Mud Fever, Canicola Fever, Hemorrhagic Jaundice, Trench Fever, Swineherd’s Disease.
Disease Name: MALARIA
Definisi: Malaria adalah penyakit yang menyerang manusia, burung, kera dan primata lainnya, hewan melata dan hewan pengerat, yang disebabkan oleh infeksi protozoa dari genus Plasmodium dan mudah dikenali dari gejala meriang (panas dingin menggigil) serta demam berkepanjangan.
Definisi: NAFLD (non-alcoholic fatty liver disease) merupakan suatu kondisi medis dari penyakit hati yang mempunyai spectrum sangat luas, mulai dari perlemakan hati yang bersifat ringan (steatosis) tanpa adanya bukti kelainan biokimia atau histologi akibat dari peradangan hati ataupun fibrosis, sampai perlemakan hati yang disertai adanya nekroinflamasi dengan atau tanpa fibrosis (steatohepatitis) dapat1
Disease Name: OSTEOARTRITIS
Definisi: Merupakan penyakit sendi degeneratif yang berkaitan dengan kerusakan tulang rawan tulang yang ada di dalam persendian yang berkembang lambat. Prevalensi OA lutut di Indonesia cukup tinggi, yaitu mencapai 15.5% pada pria, dan 12.7% pada wanita.
Disease Name: OSTEOPOROSIS
Definisi: Adalah suatu keadaan dimana kepadatan tulang mulai berkurang dan disertai kerusakan mikroarsitektur tulang, sehingga tulang akan menjadi rapuh dan mudah patah.
Disease Name: PAROTITIS/MUMPS
Definisi: Parotitis atau gondongan adalah penyakit infeksi virus akut yang mengenai kelenjar ludah (khususnya parotis).
Disease Name: Sindroma Nefrotik
Definisi: Sindroma Nefrotik (SN) adalah keadaan dimana terjadi gangguan pada sistem filtrasi ginjal, yaitu terutama di glomerulusnya. Pada keadaan normal glomeruli ginjal berfungsi melakukan filtrasi terhadap protein yang akan dikeluarkan oleh urin.
Definisi: Apa itu Helicobacter pylori Helicobacter adalah suatu bakteri spesifik berbentuk pleomorfik, yaitu dapat ditemui dalam beberapa bentuk. Dalam keadaan normal akan berbentuk spiral atau batang bengkok, tetapi dalam keadaan kurang menguntungkan (kultur yang telah lama) akan berbentuk kokoid (sferis). Pada keadaan tertentu H. pylori ini ditemukan pada mukosa lambung. Merupakan kuman patogen, yang1
Disease Name: MENINGITIS BAKTERIAL
Definisi: Meningitis bakterial merupakan salah satu jenis penyakit infeksi pada selaput pembungkus otak atau meningen serta cairan yang mengisi ruang subarakhnoid. Meningitis bakterial merupakan penyakit yang serius atau penyakit kedaruratan medik apabila tidak ditangani dengan baik dan tepat.

THT

Disease Name: Hidung Bengkok
Definisi: Definisi Hidung Bengkok
Disease Name: OTITIS EKSTERNA
Definisi: Otitis eksterna adalah suatu infeksi pada saluran telinga luar. Infeksi ini bisa menyerang seluruh saluran (otitis eksterna generalisata) atau hanya pada daerah tertentu sebagai bisul (furunkel). Otitis eksterna seringkali disebut sebagai telinga perenang (swimmer’s ear).
Disease Name: OTITIS MEDIA AKUT
Definisi: Biasanya penyakit ini merupakan komplikasi dari infeksi saluran pernafasan atas (common cold). Virus atau bakteri dari tenggorokan bisa sampai ke telinga tengah melalui tuba eustakius atau kadang melalui aliran darah. Otitis media akut juga bisa terjadi karena adanya penyumbatan pada sinus atau tuba eustakius akibat alergi atau pembengkakan amandel.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s